Sunday, December 6, 2015

Pengenalan istilah Responsive dan Cara Mengeceknya

ardingeblog - Responsive? apakah template blog kamu udah responsive? ga tau? yuk mari cek biar ga penasaran. Responsive adalah suatu istilah yang pertama kali dipopulerkan oleh Ethan Marcotte dalam artikelnya yang berjudul "Responsive Web Design" (http://alistapart.com/article/responsive-web-design).
Source Image from citinpudu.com


Pada artikelnya dia memaparkan penjelasan tentang beberapa teknik layar fleksibel yang ada seperti fleksibel layout, fleksibel image dan media kueri. Perpaduan ketiga teknik ini kemudian yang disebut dengan tekhnik Responsive Web Design. Istilah ini kemudian semakin bertambah populer seiring munculnya smartphone smartphone canggih yang disertai variasi ukuran layar. dalam hal inilah Tekhnik Responsive web design sangat berguna.

Responsive web design adalah suatu tekhnik pengaturan tampilan dimana tekhnik ini dapat membuat sebuah desain web tertata rapi sesuai dengan ukuran layar yang kita gunakan untuk mengaksesnya. seperti contoh resolusi ukuran layar laptop adalah 1366x768 atau 1024x768, smartphone dengan resolusi bervariasi seperti 640x480, 240x320 dan 320x480.

Source Image fron onpageseo.info

Dengan adanya tekhnik ini, maka sebuah blog hanya perlu menyesuaikan diri terhadap resolusi layar agar para pembaca merasa nyaman terhadap blog. Jaman sekarang ini kamu tidak perlu bersusah payah dalam mencari template yang resposive karena sudah banyak desainer template terkemuka yang telah mengadopsi tekhnik ini. selain memberikan kenyamanan bagi pengunjung, responsive juga masuk salah satu kategori blog SEO. maka dari itu segeralah mengadopsi tekhnik ini agar para pengunjung betah di blog kamu.


Nah gimana? udah paham kan apa yang dimaksud dengan responsive itu? Oke, selanjutnya adalah Tutorial alias Cara mengecek responsive dari suatu template blog.

Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengatur resolusi browser dan otomatis tampilan desain webnya juga akan berubah mengikuti resolusi browser.



Tapi jika kamu malas menggunakan cara sebelumnya, nih ada cara lain lagi. cukup kunjungi situs ini http://www.studiopress.com/responsive/ dan masukkan url yang ingin dicek. atau kalau mau yang lebih lengkapnya kunjungi situs ini http://troy.labs.daum.net/ karena di situs ini kamu bisa memilih tipe dan jenis smartphone, pokoknya lengkap deh.

Demikian ya postingan kali ini, udah capek saya ngetik panjang panjang haha.

Terima kasih



Artikel Terkait

Pengenalan istilah Responsive dan Cara Mengeceknya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar

January 6, 2018 at 4:59 AM delete

bermanfaat gan, infonya buat nubie, yg pengen ngecek blog nya responsif apa kagak

Reply
avatar
January 6, 2018 at 7:13 AM delete

bagus nih info gan, bisa di coba nih

Reply
avatar